Tata Tertib Good Corporate Governance (GCG)
PT. Ethis Fintek Indonesia (Perseroan)

Good Corporate Governance (GCG) adalah suatu tata kelola perusahaan yang ditujukan untuk mempertahankan dan meningkatkan kelangsungan usaha Perseroan yang sehat dan kompetitif dalam jangka panjang yang akan memberi manfaat dan nilai tambah kepada pemangku kepentingan. Penerapan GCG mendukung pencapaian tujuan bisnis serta mitigasi risiko dengan baik sehingga dalam jangka panjang diharapkan dapat meningkatkan nilai dan reputasi perusahaan.

Implementasi Prinsip Tata Kelola Perusahaan

Implementasi prinsip GCG PT. Ethis Fintek Indonesia berdasarkan pada standar penerapan pada industri keuangan secara umum dengan mengacu ke berbagai ketentuan dan peraturan perundang-undangan serta praktik terbaik yang berlaku di industri. Ketentuan dan peraturan yang dimaksud meliputi :

  1. Undang-undang RI No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas
  2. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi
  3. Fatwa DSN-MUI No. 117/2018 tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah.

Keterbukaan (Transparency)

Secara transparancy Ethis memenuhi kriteria pengungkapan informasi yang berada dasbor pemberi pembiayaan di dalam situs website Ethis, kami telah menyediakan informasi-informasi mengenai pembiayaan yang telah diberikan oleh para pemberi pembiayaan seperti tanggal pembiayaan, total pembiayaan, nama proyek yang dibiayai dan status pembiayaannya. Ethis juga menyediakan dasbor pemantauan proyek untuk pemberi pembiayaan sebagai sarana untuk melihat perkembangan proyek yang sedang dibiayai.

Akuntabilitas (Accountability)

Ethis berkomitmen untuk menjadi perwakilan pemberi dana maupun pengguna dana secara proporsional sehingga mampu memberikan kontribusi kepada masing-masing pihak secara efisien dan transparan demi menjaga akuntabilitas serta dapat dipercaya untuk kinerja manajemen Ethis.

Pertanggungjawaban (Responsibility)

Ethis memastikan pengelolaannya sesuai dengan undang-undang yang berlaku termasuk juga prinsip syariah, serta standar prinsip dan praktik penyelenggara usaha pembiayaan yang sehat.

Kemandirian (Independency)

Manajemen dan seluruh individu di perseroan memiliki kompetensi. Mampu bertindak secara objektif dan bebas dari pengaruh/tekanan dari pihak manapun (independent) serta memiliki komitmen tinggi untuk mengembangan Fintek Syariah

Kewajaran dan Kesetaraan (Fairness and Equity)

Ethis memastikan pemenuhan hak-hak pemangku kepentingan dalam hal ini adalah pemberi pembiayaan dan penerima pembiayaan melalui SOP Pelaporan mengenai tata cara pelaporan mencakup cara melakukan pelaporan manual dan otomatis serta menjelaskan kapan pelaporan harus dilaksanakan.